Pendahuluan
Pada
saat kita membuat buku, makalah, skripsi, maupun jenis karya tulis yang lain,
seringkali kita diharuskan membuat daftar isi. Daftar isi ini akan mempermudah pembaca
mengetahui poin-poin yang ada dalam tulisan kita serta mempermudah
pencariannya.
Pembuatan
daftar isi seringkali menyita waktu. Jika dokumen telah fix dan tidak terlalu
banyak, mungkin pembuatan daftar isi tidaklah terlalu masalah. Namun, jika tulisan
kita sampai puluhan atau bahkan ratusan lembar, kemudian ada perbaikan yang
menyebabkan halaman pada tulisan kita berubah, maka hal tersebut akan menyita
waktu untuk memperbaiki daftar isi.
Kebanyakan
dari kita menyusun karya tulisnya menggunakan Microsoft Office. Untuk itu, pada
kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana membuat daftar isi
otomatis pada Microsoft Word yang akan mempermudah kita membuat daftar isi,
apalagi jika ada perbaikan ketika tulisan kita telah selesai. Pada kesempatan
ini penulis menggunakan microsoft word 2016, namun tetap dapat diaplikasikan
pada microsoft word versi lain seperti Microsoft Word 2003, Microsoft Word
2006, Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2019 maupun Microsoft Word pada
Office 365.
Cara Membuat
Daftar Isi Secara Otomatis pada Microsoft Word
Pembuatan
daftar isi dapat dibuat: 1) sebelum kita memiliki isi dokumen; dan 2) setelah
dokumen isi jadi. Pada kesempatan ini kita akan membahas langkah-langkah
membuat daftar isi otomatis pada microsoft word setelah dokumen isi jadi/telah
ada. Ada beberapa tahapan, yaitu:
1. Mengatur dan Menerapkan Heading
Langkah
pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur heading untuk Judul Bab maupun Sub
Bab. Langkahnya sebagai berikut:
a. Untuk Judul BAB
Pengaturan heading untuk Judul BAB, langkahnya:
1) Blok Judul BAB
2) Pada Menu Home, Klik Styles dan Pilih
Create a Style
3) Klik Modify
Sehingga
muncul tampilan
4) Ubah Name menjadi JUDUL, style based on menjadi
heading 1, untuk formatting sesuaikan dengan aturan yang diminta
(misal jenis font Times new roman 12 black, dst) sehingga tampilannya menjadi:
5) Klik Ok
b. Untuk SubBab
Pengaturan
heading untuk Sub BAB, langkahnya:
1) Blok Sub BAB
2) Pada Menu Home, Klik Styles dan Pilih
Create a Style
![]() |
3) Klik Modify
Sehingga
muncul tampilan
4) Ubah Name menjadi Sub Bab, style based on
menjadi heading 2, untuk formatting sesuaikan dengan aturan
yang diminta (misal jenis font Times new roman 12 black, dst) selanjutnya klik
sebelah kiri bawah, yaitu Format dan pilih Numbering sehingga
tampilannya menjadi:
Pilih
jenis numbering yang digunakan untuk Sub Bab, misalnya seperti gambar di
bawah. Selanjutnya Ok .
5) Klik Ok
c. Untuk Anak SubBab
Jika judul pada anak subbab juga akan ditampilkan
pada daftar isi, maka langkahnya sama seperti Subbab, namun diganti heading
3 dan numbering disesuaikan.
Selanjutnya
menerapkan heading tersebut untuk seluruh judul bab dan subbab yang akan
ditampilkan pada daftar isi. Caranya:
a. Judul BAB
Blok Judul BAB 2, kemudian klik Style
“Judul” yang telah dibuat sebelumnya
Secara otomatis pengaturan akan mengikuti.
Lakukan seterusnya untuk Judul Bab selanjutnya
b. Sub Bab
Blok Subbab B, kemudian klik Style “Sub Bab” yang telah dibuat sebelumnya
Secara otomatis pengaturan akan mengikuti.
Lakukan seterusnya untuk Subbab selanjutnya
MEMUNCULKAN
DAFTAR ISI OTOMATIS
Setelah
kita atur Heading untuk Judul Bab dan Subbab, kita arahkan halaman menuju
halaman daftar isi. Kita tuliskan judulnya dulu dengan DAFTAR ISI.
Selanjutnya
klik references -> table of contents selanjutnya pilih salah satu
bentuk tabel yang diinginkan. Misalkan dipilih automatic table 1
Setelah
diklik maka daftar isi otomatis akan muncul:
Pada Judul
Bab, misalnya pada tulisan Bab I dengan “Pendahuluan” terpisah. Untuk mengatasi
hal ini, pada tulisan BAB I dengan PENDAHULUAN kita jadikan satu baris terlebih
dahulu
Selanjutnya enter kembali dengan klik shift+enter secara bersamaan.
Selanjutnya
kembali ke daftar isi dan klik update table -> update entire table
Hasilnya...
Selesailah
dalam pembuatan daftar isi. Kita juga masih bisa menyisipkan daftar isi
tambahan (maupun mengurangi) seandainya ada perbaikan pada karya tulis kita.
Atur headingnya kemudian di Daftar Isi klik update table seperti
langkah sebelumnya. Maka daftar isipun akan terupdate poin-poinnya dan juga
nomor halamannya. Kalau sudah seperti ini tentunya kita akan menghemat waktu
bukan...karena kita tidak perlu mengubah satu persatu secara manual.
Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat pada video ini:
Semoga
bermanfaat...
No comments:
Post a Comment