Thursday, August 13, 2020

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI PADA MICROSOFT WORD OTOMATIS, MUDAH, DAN CEPAT

 Pendahuluan

Pada saat kita membuat buku, makalah, skripsi, maupun jenis karya tulis yang lain, seringkali kita diharuskan membuat daftar isi. Daftar isi ini akan mempermudah pembaca mengetahui poin-poin yang ada dalam tulisan kita serta mempermudah pencariannya.

Pembuatan daftar isi seringkali menyita waktu. Jika dokumen telah fix dan tidak terlalu banyak, mungkin pembuatan daftar isi tidaklah terlalu masalah. Namun, jika tulisan kita sampai puluhan atau bahkan ratusan lembar, kemudian ada perbaikan yang menyebabkan halaman pada tulisan kita berubah, maka hal tersebut akan menyita waktu untuk memperbaiki daftar isi.

Kebanyakan dari kita menyusun karya tulisnya menggunakan Microsoft Office. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word yang akan mempermudah kita membuat daftar isi, apalagi jika ada perbaikan ketika tulisan kita telah selesai. Pada kesempatan ini penulis menggunakan microsoft word 2016, namun tetap dapat diaplikasikan pada microsoft word versi lain seperti Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2006, Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2019 maupun Microsoft Word pada Office 365.

 

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis pada Microsoft Word

Pembuatan daftar isi dapat dibuat: 1) sebelum kita memiliki isi dokumen; dan 2) setelah dokumen isi jadi. Pada kesempatan ini kita akan membahas langkah-langkah membuat daftar isi otomatis pada microsoft word setelah dokumen isi jadi/telah ada. Ada beberapa tahapan, yaitu:



1. Mengatur dan Menerapkan Heading

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur heading untuk Judul Bab maupun Sub Bab. Langkahnya sebagai berikut:

a.     Untuk Judul BAB

Pengaturan heading untuk Judul BAB, langkahnya:

1)    Blok Judul BAB


2)    Pada Menu Home, Klik Styles dan Pilih Create a Style


3)    Klik Modify

Sehingga muncul tampilan



4)    Ubah Name menjadi JUDUL, style based on menjadi heading 1, untuk formatting sesuaikan dengan aturan yang diminta (misal jenis font Times new roman 12 black, dst) sehingga tampilannya menjadi:

5)    Klik Ok

 

     b.     Untuk SubBab

 Pengaturan heading untuk Sub BAB, langkahnya:

1)    Blok Sub BAB

2)    Pada Menu Home, Klik Styles dan Pilih Create a Style


3)    Klik Modify


Sehingga muncul tampilan


4)    Ubah Name menjadi Sub Bab, style based on menjadi heading 2, untuk formatting sesuaikan dengan aturan yang diminta (misal jenis font Times new roman 12 black, dst) selanjutnya klik sebelah kiri bawah, yaitu Format dan pilih Numbering sehingga tampilannya menjadi:


Pilih jenis numbering yang digunakan untuk Sub Bab, misalnya seperti gambar di bawah. Selanjutnya Ok .


5)    Klik Ok

c.     Untuk Anak SubBab

Jika judul pada anak subbab juga akan ditampilkan pada daftar isi, maka langkahnya sama seperti Subbab, namun diganti heading 3  dan numbering disesuaikan.

 

Selanjutnya menerapkan heading tersebut untuk seluruh judul bab dan subbab yang akan ditampilkan pada daftar isi. Caranya:

a.     Judul BAB

Blok Judul BAB 2, kemudian klik Style “Judul” yang telah dibuat sebelumnya

Secara otomatis pengaturan akan mengikuti.

Lakukan seterusnya untuk Judul Bab selanjutnya

b.     Sub Bab

Blok Subbab B, kemudian klik Style “Sub Bab” yang telah dibuat sebelumnya

Secara otomatis pengaturan akan mengikuti.

Lakukan seterusnya untuk Subbab selanjutnya


MEMUNCULKAN DAFTAR ISI OTOMATIS

Setelah kita atur Heading untuk Judul Bab dan Subbab, kita arahkan halaman menuju halaman daftar isi. Kita tuliskan judulnya dulu dengan DAFTAR ISI.

Selanjutnya klik references -> table of contents selanjutnya pilih salah satu bentuk tabel yang diinginkan. Misalkan dipilih automatic table 1


Setelah diklik maka daftar isi otomatis akan muncul:


Pada Judul Bab, misalnya pada tulisan Bab I dengan “Pendahuluan” terpisah. Untuk mengatasi hal ini, pada tulisan BAB I dengan PENDAHULUAN kita jadikan satu baris terlebih dahulu


Selanjutnya enter kembali dengan klik shift+enter secara bersamaan.

Selanjutnya kembali ke daftar isi dan klik update table -> update entire table


Hasilnya...


Selesailah dalam pembuatan daftar isi. Kita juga masih bisa menyisipkan daftar isi tambahan (maupun mengurangi) seandainya ada perbaikan pada karya tulis kita. Atur headingnya kemudian di Daftar Isi klik update table seperti langkah sebelumnya. Maka daftar isipun akan terupdate poin-poinnya dan juga nomor halamannya. Kalau sudah seperti ini tentunya kita akan menghemat waktu bukan...karena kita tidak perlu mengubah satu persatu secara manual.

 

             Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video ini:




        

Semoga bermanfaat...



No comments:

Post a Comment

Followers